Rabu, 25 November 2009

PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM GURU

Membangun Citra Kecerdasan dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (dari Seven Habits ke Eight Habit)
Guru yang Efektif (Effective Teacher) bermula dari Tujuh Kebiasaan yang diterapkan dalam kehidupan ( 7th Habits of Highly Effective Family) baik dilingkungan sekolah ataupun dilingkungan sosial dimana mereka tinggal. Sedangkan Guru yang Hebat (Great Teacher) adalah guru yang memunculkan kebiasaan yang dibangun dalam kehidupan sehari-hari mereka agar membuat hidup menjadi bermakna dan menjadi inspirasi buat orang lain (8th Habits for the Greatness of Teacher)

Untuk lebih menggambarkan hal diatas lihatlah hirarki seorang guru dari model dibawah ini.




7 (tujuh) habits/kebiasan atau sering disebut dengan istilah (Seven Habits) adalah terdiri dari beberapa kebiasaan sebagai berikut:
• Proaktif
• Membangun visi (cita-cita)
• Menyusun prioritas kehidupan
• Berusaha memahami orang lain lebih dulu baru mengharapkan orang lain memahami kita
• Saling menyenangkan dalam hubungan dengan orang lain
• Bersinergi dengan orang lain
• Memperbaharui kehidupan

Sedangkan 8 (delapan) kebiasaan akan diuraikan sebagai berikut:
1. Eight Habit (Kebebasan Memilih)
• Pemberian Tuhan pada kita:
• Kebebasan memilih (hanya manusia yang punya pilihan mesin dan binatang tidak punya
• Marah-Sabar, Sedih Gembira adalah pilihan sendiri. Kebiasan berpikir positif (proaktif) akan menentukan kita akan mendapat apa.
• Sukses dan gagal adalah cara memandang kehidupan, dan cara memandang potensi diri sendiri.

2. Eight Habit (Ciri Manusia yang Berenergi Positif) yaitu manusia yang memberikan semangat pada orang lain
• tidak pernah menyalahkan orang lain
• tidak berprasangka negatif pada orang lain
• tidak menghadapi kebuntuan pikiran
• melihat peluang yang tersedia
• tidak bersifat menilai (Judgemental)

3. Eight Habit (Penyemai & Pemelihara)
• Berpegang pada prinsip kehidupan alam
– Guru hebat sama halnya dengan petani yang menyemai dan memelihara tanaman sehingga subur dan banyak buahnya. Ia harus memelihara, memupuk, dan membersihkan hama.
• Pupuk adalah semangat kasih sayang yang membuat pohon menjadi kuat dan mampu menahan terpaan badai.
• Pemeliharaan adalah menjaga tanaman agar tidak terserang hama
• Menyehatkan tanaman yang sakit

Kalau ingin hidup bahagia, bahagiakan orang lain jangan merusak lingkungan alam (membabat hutan), Alam akan membalas dengan banjir dan tanah longsor. Jangan melukai perasaan orang lain kalau perasaan diri sendiri tidak mau dilukai.

4. Eight Habit (Sifat manusia Universal)
• Hukum dan Prinsip Alam yang menjadi pemelihara kehidupan dan bersifat abadi adalah:
– Menghargai orang lain
– Jujur
– Baik hati
– Integritas (sesuai kata dan perbuatan)
– Melayani orang lain
– Adil pada orang lain

5. Kecerdasan Mental (eight habit - empat tipe kecerdasan)
– Kemampuan nalar dan objektif dalam melihat suatu persoalan (tidak harus berpendidikan tinggi untuk dapat memiliki kecerdasan mental). Perintah agama untuk selalu berpikir objektif di dalam melihat isi alam emesta (termasuk kehidupan Guru).
– Dunia kerja sudah berubah tidak lagi berbasis otot tetapi pengetahuan
– Pengetahuan diperoleh dari membaca yang tertulis dan merenung mengenai fenomena alam di sekitarnya

6. Kecerdasan Mental (Vision)/(eight habit - empat tipe kecerdasan)
• Harapan tentang masa depan
• Mengantisipasi masa depan
• Pandangan jangka panjang
• Idealisme
• Berpikir strategik

7. Kecerdasan Fisik (eight habit - empat tipe kecerdasan)
Kecerdasan fisik adalah ditandai dengan keadaan badan yang sehat akan membuat pikiran sehat. Guru yang sehat fisik lebih besar kemungkinan untuk mampu mengajar dengan kualitas prima.
Ciri-ciri kecerdasan fisik (disiplin) adalah sebagai berikut:
• Fokus
• Realistis
• Mengambil tindakan
• Komitmen
• Otonomi
• Mengambil inisiatif
• Rela berkorban
• Kompeten
• Disiplin diri
• Konsisten


8• Kecerdasan Emosional (eight habit - empat tipe kecerdasan)
Pemahaman terhadap diri, sensitivitas sosial, empati pada orang lain, dan kemampuan berkomunikasi yang sambung rasa.